Saturday 2 May 2015

Endorser

Menurut Shimp (2003:459) endorser adalah pendukung iklan atau yang dikenal juga sebagai bintang iklan untuk mendukung suatu produk.

Endorser sering juga disebut sebagai direct source yaitu seorang pembicara yang mengantarkan sebuah pesan dan atau memperagakan sebuah produk atau jasa (Belch & Belch, 2009:178).

Menurut Shimp (2003:459) endorser dapat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu:

1.      Para selebriti pendukung (Celebrity Endorser)
Celebrity Endorser adalah para bintang televisi, aktor film, para atlet terkenal, dan pribadi-pribadi yang telah mati  digunakan secara luas di dalam iklan-iklan di majalah, iklan radio, dan iklan televisi untuk mendukung produk. Sedangkan, selebriti adalah tokoh (aktor, penghibur, atau atlet) yang dikenal masyarakat karena prestasinya di dalam bidang–bidang yang berbeda dari golongan produk yang didukung.

2.      Pendukung dari orang khusus (Typical-person Endorser)
Pendukung dari orang khusus adalah orang-orang biasa (non selebriti), yang menggunakan atau mendukung produk dalam mempromosikan suatu produk atau jasa tertentu oleh suatu perusahaan. Pemilihan jenis endorser ini biasanya digunakan sebagai bentuk promosi testimonial untuk meraih kepercayaan konsumen.

No comments:

Post a Comment