Saturday 2 May 2015

Marketing Communication Mix

Menurut Kotler & Keller (2012:500) komunikasi pemasaran mencakup delapan model komunikasi yaitu:

1.    Advertising
Bentuk berbayar dari promosi tentang ide, barang, atau layanan yang dilakukan oleh sponsor melalui media cetak (koran dan majalah), broadcast media (radio dan televisi), media jaringan ( telpon, kabel, satelit, wireless), media elektronik (audiotape, videotape, video disk, CD-ROM, situs), dan display media (billboard dan poster).

2.    Sales Promotion
Variasi dari aktivitas jangka pendek untuk meningkatkan penjualan produk atau layanan, mencakup promosi konsumen (sample, kupon, premium).
Promosi dagang (iklan dan display) dan promosi bisnis.

3.    Event and Experiences 
Aktivitas sponsorship dan pembuatan program untuk menciptakan interaksi dengan konsumen, mencakup olahraga, hiburan, seni, dan acara lainnya yang sifatnya tidak formal.

4.    Public relation and publicity
Variasi program yang ditujukan secara internal untuk karyawan perusahaan dan secara eksternal untuk konsumen, perusahaan lain, pemerintah, dan media, untuk mempromosikan atau melindungi citra perusahaan.

5.    Direct marketing
Penggunaan surat, telepon, fax, email, atau internet untuk komunikasi secara langsung kepada pelanggan, dengan atau tanpa interaksi dua pihak.

6.    Interactive marketing
Aktivitas atau program yang diadakan dengan tujuan mengikat pelanggan dengan meningkatkan kesadaraan, meningkatkan citra, dan mendapatkan penjualan produk atau layanan secara langsung atau tidak langsung.

7.    Word of Mouth Marketing
Pengucapan dari mulut ke mulut, tertulis, atau berlangsung dengan komunikasi elektronik tentang pengalaman penggunaan produk atau layanan dari suatu perusahaan.

8.    Personal Selling
Interaksi langsung dengan satu atau lebih calon pembeli, dengan tujuan menjelaskan, menjawab pertanyaan, dan memperoleh pesanan.

No comments:

Post a Comment